Kamis, 22 September 2011

SANG PEMBELA


Setiap orang mungkin telah memiliki pegangan (pedoman) hidupnya masing-masing untuk beraktifitas dan menjalani kehidupannya sehari-hari. Pedoman hidup ini bisa berupa dan didapatkan dari sebuah buku undang-undang/peraturan-peraturan, buku teori/praktis, novel, sampai ke kitab suci. Pedoman hidup ini merupakan acuan dasar yang menjadi sebuah prinsip-prinsip dalam hidup. Hiyaaah~ itu mungkin bagi seseorang yang memiliki ideology, konseptual, sistematis, berprinsip, juga berpendirian. Bagi yang tidak, mungkin mereka hanya mengikuti arus lingkungan yang terbawa kesana-kemari hingga pada suatu hari mereka kebingungan (karena tidak berpendirian tetap) dan akhirnya terhempas dari muka bumi ini.

Dan ironisnya lagi banyak diantara kita yang tidak menyadari apakah pedoman hidup atau kehidupan yang kita pilih dan kita jalani ini merupakan benar-benar keinginan kita yang sesungguhnya atau merupakan hasil dari doktrin-doktrin ideologis dari luar yang tidak kita sadari telah mencuci otak kita dan membuat seakan-akan itu benar-benar pilihan kita!?(Nah loh, bahasanya udah mulai membingungkan!?)
Baiklah, apa pun itu dalam kesempatan ini saya hanya ingin menuliskan apa yang ada dipikiran saya yang saya dapatkan dari sesuatu yang saya baca (hehehe…). Yang saya tulis ini yaitu mengenai pedoman hidup seluruh umat manusia yang telah didapatkan, diperjuangkan, dan diyakini, juga yang telah diturunkan kepada seorang Nabi besar Muhammad SAW.,yaitu Kitab Suci Umat Islam à Al-Qur’an. Dan saya ingin berbagi mengenai salah satu kelebihan Al-Qur’an ini diblog ini^^
Abu Umamah r.a. berkata : "Rasulullah S.A.W telah menganjurkan supaya kami semua mempelajari Al-Qur'an, setelah itu Rasulullah S.A.W memberitahu tentang kelebihan Al-Qur'an."
Telah bersabda Rasulullah S.A.W : “Belajarlah kamu akan Al-Qur'an, di akhirat nanti dia akan datang kepada ahli-ahlinya, yang mana di kala itu orang sangat memerlukannya."
Ia akan datang dalam bentuk seindah-indahnya dan ia bertanya, " Kenalkah kamu kepadaku?" Maka orang yang pernah membaca akan menjawab : "Siapakah kamu?"
Maka berkata Al-Qur'an : "Akulah yang kamu cintai dan kamu sanjung, dan juga telah bangun malam untukku dan kamu juga pernah membacaku di waktu siang hari."
Kemudian berkata orang yang pernah membaca Al-Qur'an itu : "Adakah kamu Al-Qur'an?" Lalu Al-Qur'an mengakui dan menuntun orang yang pernah membaca menghadap Allah S.W.T. Lalu orang itu diberi kerajaan di tangan kanan dan kekal di tangan kirinya, kemudian dia meletakkan mahkota di atas kepalanya.
Pada kedua ayah dan ibunya pula yang muslim diberi perhiasan yang tidak dapat ditukar dengan dunia walau berlipat ganda, sehingga keduanya bertanya : "Dari manakah kami memperoleh ini semua, padahal amal kami tidak sampai ini?"
Lalu dijawab : "Kamu diberi ini semua karena anak kamu telah mempelajari Al-Qur'an."

Nah, itulah sesuatu yang saya baca dan saya bagikan diblog ini. Gara-gara ngga sengaja baca ini, saya segera membaca Al-Qur’an yang terakhir kalinya saya baca dibulan Ramadhan kemarin  (Jyahahaha~).
Salah satu kelebihan Al-Qur’an ini adalah pada suatu saat nanti ia akan menjadi pembela di akhirat nanti. Al-Qur’an ini akan datang kepada kita…eh! Ups! Maksudnya kepada ahli-ahlinya. Kan nanti dia bakal nanya,”Kenalkah kamu kepadaku?”Kalau kita benar-benar mengenalnya dengan suka membaca, mempelajari, memahami dan mengamalkannya, yaaah~kita pasti ingatlah. Jyaaah~kalau jarang bahkan tidak sama sekali!? Emang diakhirat nanti kita bisa pura-pura kenal gitu!? SNSD, eh! SKSD maksudnya, alias Sok Kenal Sok Dekat gitu!?= =a. Dan hebatnya lagi kalau kita benar-benar kenal, dekat, bergaul, sahabatan, cs-an ma Al-Qur’an ini, kata Rasulullah SAW., orang tua kita juga kena imbasnya amalan-amalan baik kita itu diakhirat. Subhanallah, sekali yaah~. Yaaah~ udah mah di dunia banyak dosa ke orang tua, sering ngerepotin dan bikin susah orang tua, masa di akhirat juga masih ngga bisa membalas pengorbanan orang tua sich. Yaaah~setidaknya kalau di dunia ngga bisa ngebahagiakan, yaah~ bahagiakanlah orang tua kita di akhirat nanti.>.<
Yahahaha~ Semuanya tergantung pemahaman dan keyakinan masing-masing. Bagi yang percaya, yakin, beriman dan bertaqwa, yaaah~ maka Al-Qur’an inilah yang akan menjadi pedoman hidupnya. Semoga Allah SWT., memberikan Hidayah, Inayah beserta Petunjuk-Nya kepada kita, agar kita selalu berada di jalan yang lurus, benar dan diridhai-Nya. Amin


J.A.Y SS
Habis Gelap, terbitlah Terang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah membaca tulisan Jay yang sederhana, dan unik ini~^^
Semoga bermanfaat yah~

Silahkan tinggalkan jejak kemuliaan kawan-kawan sekalian dengan mengisi kolom komentar ini.

Salam Inspirasi~^0^