Rabu, 21 September 2011

THE IMPORTANT of SELF SYSTEM


Life is not about finding your self. Life is about creating yourself.
Itulah yang dikatakan seorang sahabat kepada saya beberapa waktu yang lalu. Selama ini saya terus menerus mencari jati diri saya yang  hilang, atau mencari jati diri saya yang sesungguhnya. Tetapi, dalam pencarian selama ini saya tidak menemukan jati diri saya tersebut. Namun, kalimat tersebut telah mengubah pandangan (persepsi) saya mengenai jati diri itu sendiri. 

Akan membutuhkan waktu yang lama dan panjang untuk mencari dan menemukan jati diri, karena dalam perjalanan pencariannya itu, kita akan menemukan berbagai kesulitan-kesulitan dan hambatan-hambatan yang justru akan menambah bingung kita dan bahkan menjatuhkan pribadi kita saat ini. Nah, kebanyakan dari kita terjebak dalam kebingungan-kebingungan dalam menemukan jati-diri kita yang sesungguhnya itu. Bukannya mengembangkan dan membangun karakter pribadi yang baik, ini malah menjatuhkan kita karena stress, depresi dan frustasi yang menimpa diri kita dikarenakan adanya rasa kurang puas dengan kepribadian kita dan lebih parahnya lagi menjadikan kita membenci diri kita sendiri.
Kalimat yang sangat bijak: Life is not about finding yourself. Life is about creating yourself. Kalimat ini telah memberikan solusi bagi saya, yaitu bahwa daripada  hidup dipusingkan mencari jati-diri, lebih baik kita hidup menciptakan jati-diri kita itu sendiri. Yaah~kita konsepkan pribadi (jati-diri) yang kita idealkan tersebut. Dan lebih luasnya lagi, kita operasikan self-system  yang kita idealkan.
Jadi, jawabannya ada di system. Mengapa selama kita hidup sampai saat ini di dunia ini masih juga belum ada perubahan?Mengapa kita masih belum puas dengan tindakan dan kepribadian kita? Mengapa kita belum berprestasi? Berbagai pertanyaan yang bermunculan yang menunjukkan adanya ketidakpuasan dalam hidup kita ini sebenarnya mengarahkan kita pada sistem diri (self-system) atau lebih luasnya lagi adalah pada sistem hidup (life-system) kita itu sendiri.
Ada apa dengan system? Kenapa harus system? Ngapain sich si sistem ini? Hmm… Sebenarnya system itu sangat-sangatlah penting dan merupakan bagian yang paling mendasar dalam hidup. Kita tentunya pernah mendengar sebuah istilah seperti sistem pernafasan yang menjelaskan mengenai bagaimana cara kerja makhluk hidup bernafas mulai dari menghirup udara (oksigen) hingga masuk lubang hidung menuju paru-paru dan seterusnya. Kita pun pernah mendengar istilah sistem otak, yang menjelaskan bagaimana otak kita bekerja, hemisfer otak kiri mengarahkan pada logika, dan hemisfer otak kanan yang mengarahkan pada kreativitas dan intuisi kita, dan lain sebagainya. 

Nah, pikirkan apabila sistem pernafasan atau pun sistem otak kita tidak berfungsi sebagaimana mestinya? Jika terjadi kekacauan yang amat parah pada sistem pernafasan kita, tentunya kita membutuhkan alat bantu oksigen agar bisa bernafas. Lalu apabila sistem otak kita pun tidak bekerja sebagaimana mestinya bisa saja kita menjadi lemah otak, amnesia, sakit jiwa, jadi zombie dan lain sebagainya. Begitu pun dengan system diri kita, apabila tidak diatur dan tidak jelas, maka itu akan sangat berpengaruh pada diri kita dan kehidupan kita. Ibaratnya komputer yang memiliki sistem tersendiri, diri kita pun memerlukan sebuah sistem yang canggih, terkonsepkan dan difungsikan agar terciptalah jati-diri yang kita idealkan. Karena pada dasarnya Tuhan Sang Maha Pencipta telah menciptakan kita dengan sistem yang paling canggih di dunia ini (karena yang bisa menciptakan manusia hanyalah Tuhan).
Jadi, ciptakanlah sebuah sistem yang cocok bagi diri Anda dan kehidupan Anda, yang dapat difungsikan dengan baik. Dengan sebuah system tentunya arah dan tujuan hidup kita akan semakin terarah dan semakin jelas.Konsepkan, jelaskan, agendakan, terangkan dan praktekan sistem tersebut. Bangunkan dan kembangkan potensi di dalam diri Anda itu dengan sebuah sistem yang baik dan benar. Agar Anda dapat mendapatkan jati-diri (kepribadian) yang ideal, yang mulia dan memuliakan bagi sesama.

Setelah membaca Artikel ini, mohon partisipasinya untuk menjawab beberapa pertanyaan dengan meng-KLIK Link ini >>> The Question from The Important of Self-System

J.A.Y. SS
Creating your Life with Creating your Self.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah membaca tulisan Jay yang sederhana, dan unik ini~^^
Semoga bermanfaat yah~

Silahkan tinggalkan jejak kemuliaan kawan-kawan sekalian dengan mengisi kolom komentar ini.

Salam Inspirasi~^0^