Senin, 23 Januari 2012

JAY HELLPACKER @ YOGYAKARTA part 1


              Hayayaya~ disini gwa mau cerita-cerita soal perjalanan gwa ke Jogja. Nyahahaha~ dimulai dari niat gwa pergi ke Jogja nich, rencananya gwa mau ikutan pelatihan certified training for trainer di Wisma MM UGM Yogyakarta. Hmm... Emang ditahun ini gwa udah ngerencanain untuk mengikuti pelatihan-pelatihan dan mendapatkan sertifikat agar bisa mengembangkan diri demi meraih masa depan, impian dan cita-cita gwa dan mendapatkan apa yang gwa inginkan.^^
            Hari kamis malam setelah gwa beres nonton drama yang saat itu tinggal 2 episode terakhir, gwa pun segera berangkat ke terminal cicaheum, awalnya sich mau pakai kereta, tapi malah kehabisan tiket ampe tanggal 24 Januari...==’ Hehehe... dan akhirnya gwa pun menyiapkan diri menggunakan bis menuju Jogja. Pkl 19.00 gwa udah nyampe terminal dan berharap bis budiman menuju Jogja masih ada, tetapi nampaknya gwa telat dan yang tersisa tinggal bis yang terlihat jadul dan nampak suram yang bertuliskan ALADIN, namanya kok hampir sama ama pisang ijo alternatif yang gwa beli kalau pisang ijo Sayogi ngga ada, maklum menurut gwa pisang ijo ala’din terlalu pelit soalnya fla-nya cuman dikit dibandingkan pisang ijo sayogi mah... Loh!? Malah ngebahas pisang ijo!!??==a. Pkl 19.07 bis pun berangkat dengan gaya kura-kura (lambat) -> biasalah sambil nyari penumpang, karena emang di dalam bis, penumpangnya emang sedikit. Gwa duduk dibagian tengah body bis, seperti biasanya di dalam bis banyak tukang dagang yang maksa-maksa pembeli membeli dagangannya, dan ada nich orang yang maksa-maksa ke gwa bwt beli dodol katanya buat oleh-oleh ke Jogja... Gwa pun maksa-maksa buat nolak, sorry sob~gwa ke  Jogja bukannya pulang kampung, gwa mo kesana mo menuntut ilmu (lagian gwa juga kudu berhemat!). Oh iyah~ ongkos ke jogja pakai bis ini sebesar Rp.80.000 (padahal gwa kira cuman Rp.50.000, soalnya ngeliat kondisi nich bis ==’). Dan Berikut ini urutan waktu dan tempat selama perjalanan menuju Jogja:

19.07   : Berangkat dari Cicaheum
20.36   : Nagreg
22.16   : TasikMalaya
23.56   : Banjar
00.13   : Kab. Cilacap
02.26   : Purwokerto


            Hehehe... gwa seneng ama nich bis, pas tengah malam kayaknya nich sopir udah mulai kesurupan Jin Michael Schumacher, soalnya nich bis ngebut banget, suka nyabet bis-bis dan kendaraan-kendaraan lain didepannya >.< (sambil berharap selamat diperjalanan dan cepat sampai ditujuan). Tetapi, pas gwa lagi enak-enaknya beristirahat, pas nyampe terminal Purwokerto, gwa malah dimutasi ke bis lain!!?? (nampaknya cuman gwa sendirian penumpang menuju Jogja dari Bandung~..~a). Yaaah sudahlaah~gwa pun pindah bis dan tetep duduk dibagian tengah body bis. Pkl 03.08 bis yang gwa lupa apa namanya tetapi sama suramnya ini pun segera berangkat.
            Sekitar pkl 06.15, bis udah berada di terminal Purworejo. Hmm... penumpang dah mulai penuh nich, dan ada seorang cewe yang duduk disamping gwa, dan kami pun mengobrol-ngobrol, yaah~ ternyata nich cewe tipe sifatnya sanguin banget (mudah akrab), dia pun memberi tahu saya kalau ke Jogja sebaiknya pakai Trans Jogja kalau mau main/jalan-jalan. Dan karena udah di daerah Jawa Tengah yaah~otomatis disini orang-orangnya udah pakai bahasa Jawa... Dan pastinya gwa ga ngerti apa yang mereka bicarakan... ==a. Sekitar jam 8an pada akhirnya nich cewe segera turun dari bis di depan kampusnya (STIKES daerah sanalah), Dan gwa lupa nanya nama (tapi gwa dah ngasih kartu nama gwa)... Oh iyah, terima kasih yawh atas info-infonya^^.
            Sekitar pkl.08.30-an gwa pun dah nyampe di Terminal Giwangan Yogyakarta... Huyeee~ Akhirnya selama hampir 23tahun ini gwa menginjakan kaki di Yogyakarta!!! Ini pertamakalinya gwa ke Jogja loh~sendirian pula~...Nyahahaha~maklumlah pas sekolah gwa ga kebagian study tour ke Jogja soale (yaah~paling ke Jakarta lagi~). Nich terminal emang gede dan nampak rapih dan teratur... Tujuan awal gwa adalah survei tempat pelatihan di Wisma MM UGM, setelah bertanya ke om tukang karcis (bayar Rp.200 kalau masuk terminal) naik apa menuju Jl.Colombo gwa pun segera berangkat pakai kendaraan sejenis metro mini jalur 7. Gwa pun pertamakalinya naik angkutan kek ginian dan cuman bayar Rp.2.500 saja, didalam bis gwa bener-bener roaming ama bahasa yang mereka gunakan (bahasa jawa)... Shyiiieeettt~ga ada google translate Jawa-Indonesia nich?==a.
            Hehehe...petualangan pun dimulai, nampaknya jalan yang gwa tuju ke lewat dech~ dan pada akhirnya saya pun turun di jalan yang saya lupa apa namanya?! Haduuuhh~nama-nama jalan di Bandung aja gwa lupa apalagi disono. Dan inilah saat-saat perdana gwa nyasar di kota ini (maklum hampir 23tahun di Bandung gwa sering nyasar, apalagi di Jogja!?==”). Pokoknya gwa bener-bener jalan disini, dan sepanjang perjalanan gwa baru sadar, ternyata ga satu pun angkot menampakkan diri disini. What the Hell?! Di Bandung angkot tuch pada numpuk dan ribut manggil-manggil penumpang...Laaah~disini adem-ayem, aman, tertib, damai dan sejahtera, walopun gwa bingung, soalnya gwa ga hafal ama jalur-jalur kendaraan disini. Bahkan peta (yang gwa gambar sendiri) benar-benar ga guna (soalnya gwa bwt dari arah stasiun lempuyangan – MM UGM). Yaaah~ mengikuti instink gwa pun pergi ke arah barat (dikata mencari kitab suci!!) walopun gwa bingung, barat itu ke arah mana?! (Buta arah dan ga bawa kompas).

            Gwa pun berjalan dan terus berjalan, busyeeettt disini panas amat ternyata!? Hmm... gwa merhatiin jalan-jalan disini (bentuknya ga jauh beda ama jalan-jalan di Bandung) cuman lebih tertib dan bersih, gwa pun liat banyak orang-orang yang pakai batik (seragam hari Jumat keknya). Gwa jalan melewati Universitas Khatolik apaaa gituuu, terus melewati SMPN 5 Yogyakarta, gwa terus jalan (hampir ngesot sich), sekitar 4-5km gwa jalan hingga akhirnya tiba di jalan Malioboro... HOREEEE!!??? Baru pertama kalinya gwa kesini (biasanya cuman ngedenger ceritanya doang!?) nyampe sini gwa ditawarin naik Becak Rp.5000 buat keliling-keliling di daerah sini. Gwa pun jalan-jalan dulu ampe nemuin Mall Malioboro, gwa masuk kesana nyari foodcourt, gwa bukannya kelaparan, tapi gwa kehausan dan kepanasan, nyampe foodcourt di lantai paling atas, gwa langsung beli Ice Cream rasa Coklat, Strawberri dan Vanilla seharga Rp.15.000, gwa nyari tempat duduk buat beristirahat (punggung dah pegal ngebawa tas berat). Gwa beristirahat ampe jam 11.15, terus gwa berjalan lagi nyari masjid buat shalat jumat, dan menemukan masjid di Jl,Suryatmajan.Nyampe masjid, gwa wudhu terus shalat sunat dan ternyata disini udah ramai karena ada seseorang yang meninggal dan jenazah akan dishalatkan setelah shalat jumat. Gwa pun ikut shalat mayat (sehabis shalat jumat).
            Cuacanya benar-benar cerah dan paaannaaassss~..~rencana selanjutnya pokoknya gwa harus survei tempat pelatihan. Lalu gwa pun balik lagi ke Malioboro menuju halte trans jogja, sekalian nyoba jalan-jalan pakai trans jogja dan ternyata cuman Rp.3000 saja, gwa pakai jalur 2A. Ini bis emang enak dan nyaman, ber-AC, petugasnya ramah-ramah dan mereka nampak menikmati pekerjaan mereka, karena di setiap halte mereka selalu bercanda dengan rekan-rekan kerja mereka, dan terasa aura positif yang membuat penumpang merasa nyaman untuk bertanya atau sekadar mengobrol. Gwa melihat-lihat pemandangan di jalan-jalan daerah Jogja dan gwa benar-benar ga ngeliat angkot disini?! Dan memang kendaraan berjalan dengan lancar (biasanya yang kebayang kalau di Bandung ada angkot yang tiba-tiba belok atau berhenti!!??). Dan pada akhirnya saya sampai di Halte Colombo, saya turun disana dan mulai mencari Wisma MM UGM...eh ternyata ga jauh dari halte. Gwa pun tenang karna dah tau lokasi pelatihan. Gwa pun kembali berjalan-jalan, hingga menemukan tukang Pisang Ijo didaerah sana. Hehehe~tanpa pikir panjang, gwa pun beli nich pisang ijo sekalian ngebandingin ama pisang ijo di Bandung. Singkat cerita gwa udah naik Trans Jogja lagi dengan tujuan keliling-keliling Jogja (cuman Rp.3000), di dalam bis sambil mencoba pisang ijo asal Jogja...Hmm dan rasanya kok kayak kolak yah? Isinya ada bubur lemu, santan kelapa dan pisang ijo yang rasanya mirip kolak (malah jadi kangen manisnya pisang ijo sayogi bandung.>.<).

            Pisang Ijo pun abis dan semua penumpang diturunkan di Terminal Jombor. Kekonyolan gwa pun berlanjut, diterminal Jombor bukannya gwa nunggu bis, gwa malah jalan-jalan di jalan yang tak berujung, gwa berjalan di Jl.Magelang menuju Malioboro... Hmm sekitar 6,6 Km gwa berjalan nich... Rasanya benar-benar capeee, beraaaatttt, haaauuuuuussss~ (dan bisa-bisanya gwa berhalusinasi ada Angkot Kalapa-DayeuhKolot disini!?). Dekat-dekat malioboro ada tukang becak yang menawarkan jasanya sekalian mencarikan penginapan murah di daerah malioboro, gwa pun naik becak (sekalian istirahat), kami pun mengobrol-ngobrol dan gwa minta penginapan yang di bawah Rp100.000. Hehehe... si Mas-nya malah bilang “Ga ada toh mas, paling yang ada yang 100ribuan itu juga kamarnya jelek.” Hmm... yaaahh ga apa-apa dah, toh cuman semalem, sekalian belajar prihatin...Nyahaha~. Akhirnya gwa pun menemukan hotel yang seharga Rp.90.000.,  hmm lumayanlah dan bayar becak cuman Rp.10.000,- jadi totalnya Rp.100.000, Gwa pun nginep di Hotel Kalingga di Jl. Juminahan (tinggal lurus dari Jl.Suyatmajan), kebagian kamar no.9 di ujung sudut hotel, gwa pun masuk kamar...hmm kamarnya agak gelap, remang-remang, ada kamar mandinya, tapi ga masalah sich buat gwa mah. Hehehe~gwa buat senyaman mungkin. Gwa disuguhi teh manis hangat ama pengurus hotel. Karena badan berkeringat dan cuaca yang panas, gwa langsung mandi dan beristirahat sejenak.
            Sudah cukup beristirahat, sekitar jam 19.00, saya jalan-jalan ke daerah malioboro untuk mencari sesuap nasi (dikata mau ngemis!?) banyak pernak-pernik khas Jogja, rasanya pengen banget beli sesuatu buat oleh-oleh. Tapi karna ada feeling aneh dan kebetulan gwa ga bawa banyak uang, jadi gwa pending dulu dah oleh-olehnya... Hahaha~walopun rasanya bener-bener pengen beli, tapi daripada gwa ga bisa balik ke bandung yaaah~mo gimana lagi. Toh, niat gwa ke Jogja mau menuntut ilmu...>.< (alibi!?). Gwa jalan-jalannya ga terlalu lama, sehabis makan dan nonton anak-anak Jogja lagi model kontes dan nyanyi ala Chinese (mo imlekan), gwa pun langsung balik ke Hotel, beristirahat menyiapkan diri buat pelatihan keesokan harinya.^^

JAY S.S
The Bounty Hunter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah membaca tulisan Jay yang sederhana, dan unik ini~^^
Semoga bermanfaat yah~

Silahkan tinggalkan jejak kemuliaan kawan-kawan sekalian dengan mengisi kolom komentar ini.

Salam Inspirasi~^0^