Sabtu, 15 September 2012

MENGHADAPI SEBUAH PERUBAHAN

Hahaha~ Lagi hobi sharing reply/postingan di Forum tetangga nich.^^
Mengenai Perubahan... Isinya bagaimana caramu dalam menghadapi perubahan, terutama perubahan hidup dan dalam dirimu? Hmm... diskusi yg cukup berat, tp jd pengen di-sharing-kan. Berikut jawaban saya:

Hmm... Perubahan yah... Klo boleh jujur, perubahan adalah sesuatu yang paling menakutkan bagi saya. Saya sangat takut untuk berubah. Jika saya mencoba
untuk berubah, saya takut lingkungan saya, keluarga saya, dan teman-teman saya menjadi berubah. Saya takut mereka jadi berbeda dalam memandang saya, atau bahkan jadi menjauhi saya. Walaupun biasanya selalu sendirian, tapi tetap saja kalau ditinggalkan oleh teman-teman yang biasanya meramaikan suasana malah jadi hilang begitu saja dan itu jadi semakin membuat saya merasa kesepian. Hiks~

Tapi disisi lain dalam kehidupan ini, saya dituntut untuk berubah. Jika tidak mencoba untuk berubah, saya tidak akan pernah bisa tahu mana yang benar dan yang salah dan saya sangat takut akan kegagalan. Apalagi jika berajlan sendirian, ketika sedang jatuh/down/gagal disaat sendiri itu benar-benar tidak menyenangkan.~..~

Disaat mencoba berubah dan mencoba melakukan sesuatu hal yang baik, selalu saja terdengar kicauan-kicauan orang dari sana-sini, yang lebih tidak enaknya lagi klo itu bersumber dr teman-teman yg dekat sekali. Perubahan tanpa dukungan seseorang itu sangat berat dan penuh dgn rintangan.

Hal tersebut sangat membuatku bingung. "Apa yang telah ku lakukan?" "Kenapa jadi seperti ini?" "Kenapa mereka berkata seperti itu?" "Bagaimana ini, waktu tidak bisa dibalikkan kembali?"
Dan pada akhirnya, saya memutuskan untuk tetap berjalan dan fokus pada yang baik dan fokus pada hal yg bisa membuatku tumbuh dan berkembang. Anggap saja ini juga sebagai salah satu program bersih-bersih, dimana saya bisa tau yang mana sahabat, yg mana teman, atau yang hanya sebatas kenalan. Saya jadi sadar, kepada siapa saya bisa percaya, berbagi dan yang bisa diajak bekerja sama.

Untuk berubah itu tidak mudah, memang ada harga yg harus dibayar apalagi jika itu untuk membangun masa depan yang baik. Tapi dengan berubah, kita bisa keluar dari comfort zone (zona nyaman) kita, kita bisa melihat dunia yang lebih luas lagi, lebih unik lagi, kita pun menyadari sesuatu dalam kehidupan yang lain, kita bisa melihat kehidupan dari berbagai sisi sudut pandang (persepsi), bisa belajar lebih banyak lagi dari kehidupan. Dan semoga itu bs menjadikan diri kita jauh lebih baik lagi dan lebih bijak lagi.

Zaman terus berubah dengan cepatnya, tetapi sayangnya tidak diseimbangkan dengan perubahan diri dari penghuni-penghuni bumi ini, kebanyakan dari mereka diam/stagnan, hanya melihat kehidupan pada satu titik sudut pandang. Kebanyakan dari mereka takut untuk mencoba dan berubah. Sangat disayangkan sekali padahal Tuhan sudah menciptakan banyak hal dalam kehidupan ini dan pada diri kita, namun tidak kita gunakan sebaik-baiknya karena kenyamanan yg telah kita peroleh.

Berubah itu beresiko, namun sekali mencoba malah bikin ketagihan. Karena kita akan dibawa pd kehidupan yg lebih luas lagi, lebih menarik, misterius dan penuh dengan tantangan. So' aturannya adalah be explorer, jadilah penjelajah. Jelajahi dirimu dan masuki dunia yang dinamis dan menarik. Aku pun mengalami ketakutan, tapi berlagak berani supaya bisa terus berjalan walaupun harus sambil menutup mata, merangkak, guling-guling yg penting move on, move forward and move up. To change is not easy, but it is more difficult to continue life in poverty and no education.

-@ Jay_D_Crystal-
6 September 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah membaca tulisan Jay yang sederhana, dan unik ini~^^
Semoga bermanfaat yah~

Silahkan tinggalkan jejak kemuliaan kawan-kawan sekalian dengan mengisi kolom komentar ini.

Salam Inspirasi~^0^