Senin, 01 Agustus 2011

BERSIHKAN Ke TUJUH CAKRA DI BULAN RAMADHAN

Marhaban Ya Ramadhan…^^
YAHOO~ tak terasa kita sudah memasuki di bulan suci dan mulia ini. Semoga kita semua bisa menjalankan ibadah dengan baik, membuat amalan-amalan yang lebih baik untuk kebaikan kita di dunia dan akhirat kelak.

Izinkan saya untuk berbagi wawasan dan pemikiran dengan para pembaca sekalian mengenai bulan Ramadhan ini, bedanya jika di momen ini banyak para da’i yang mengulas mengenai keagungan bulan yang penuh berkah ini dengan ceramah-ceramah yang berisikan definisi, makna, cerita dan hikmah-hikmahnya untuk mengingatkan kita dan mengarahkan kita ke jalan yang benar. Kali ini saya pun mencoba share mengenai manfaat beribadah di bulan ramadhan untuk membersihkan cakra-cakra yang ada didalam diri kita.

Bagi yang suka nonton naruto, avatar dan lain sebagainya tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah cakra. Apa sich cakra itu? Dalam Reiki, Cakra merupakan bagian dari tubuh energi yang berbentuk seperti bunga teratai transparan dan menjadi pusat (pintu) bagi keluar-masuknya energi ke dalam tubuh. Cakra dapat juga disebut sebagai pusat energi, terbentuk dari pertemuan nadi-nadi energi. Nah, fungsi cakra itu sendiri adalah:

  1. Sebagai pintu keluar-masuknya energi ke dalam tubuh
  2. Sebagai pusat-pusat kesadaran
  3. Memengaruhi dan mengatur system saraf
  4. Mengatur dan memengaruhi system kelenjar
  5. Mengatur dan memengaruhi aura.

Pada tubuh kita ini terdapat tujuh cakra utama, yaitu:
  1. Cakra dasar
  2. Cakra seks
  3. Cakra pusar
  4. Cakra jantung
  5. Cakra tenggorokan
  6. Cakra ajna/mata ketiga
  7. Cakra mahkota

Dalam peranannya dan bagaimana cakra tersebut bisa dibersihkan, izinkan saya membahasnya dan memfokuskan pada 5 cakra diantaranya.

A.    Cakra Seks
Merupakan cakra yang paling sacral, umumnya berurusan dengan energi seksual kita. Dalam islam ada konsep, “halal” dan “haram”, atau “diberkati” dan “dilarang” oleh Allah SWT. Dalam banyak kesempatan, praktek-praktek tertentu dapat berupa “diberkati” atau “dilarang” bergantung pada situasi kita. Jadi seks, misalnya akan diberkahi jika itu terjadi dalam suatu pernikahan. Cakra seks akan bisa menghasilkan energi yang sehat, ketika diperkaya dibawah lingkungan yang sesuai. Maka hubungan pranikah akan dikucilkan, sementara pernikahan akan didorong (didukung) dan harus di anut oleh semua komunitas dan masyarakat.
Di bulan puasa ini kita tidak hanya menahan lapar dan haus saja, tetapi juga kita harus menahan dorongan seks yang muncul di dalam diri. Dengan menjaga dan memelihara diri dari pandangan yang dapat merangsang (Blue-film contohnya), itu dapat membersihkan cakra seks kita dan akan menyehatkan jiwa dan pikiran kita.

B.      Cakra Pusar / cakra pusat / cakra perut
Terletak di sebelah perut kita dan itu berhubungan dengan kekuatan pribadi dan penyimpanan kekuatan kehidupan (prana). Untuk membangun kekuatan hidup kita dengan benar, kita harus makan makanan yang sehat dan alami. Apa yang kita dan keluarga kita makan, harus berasal dari hidup yang jujur agar menjadi “berkah”. Makan makanan yang haram dan dari uang haram hanya akan membahayakan jiwa kita.
Di bulan puasa ini pola makan kita pun teratur dan agar kondisi fisik kita terjaga maka, makanan sahur dan buka pun harus mengandung vitamin, gizi, dan protein yang baik. Dengan begitu energi cakra pusat dapat mengalir dengan baik.

     C.       Cakra Jantung
Cakra Jantung berkaitan dengan kasih sayang, cinta, rasa hormat, dan pemenuhan emosional. Dan itu dapat dicapai melalui hubungan yang sehat, penuh cinta dan harmonis antar manusia juga seluruh makhluk dan alam semesta. Hanya melalui kasih sayang kita bisa tumbuh sehat sebagai masyarakat.
Dibulan puasa ini kita pun harus berlomba-lomba dalam kebaikan, karena amalan-amalan kita di bulan ini akan dilipatgandakan. Banyak-banyaklah beramal shaleh, baik itu dengan bersedekah, infaq, menyayangi anak yatim, membantu banyak orang, bakti social dan lain sebagainya.

    D.    Cakra Tenggorokan
Cakra tenggorokan berkaitan dengan komunikasi dan ekspresi diri.  Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran.” (QS.Al-Ashr[103]:2-3)

Saling mengingatkan antara satu sama lain dan memberikan nasihat yang baik mengenai amalan-amalan yang saleh. Mengajak orang untuk berbuat kebajikan. Membela yang benar, menegakkan keadilan. Bersikap sabar, menjaga perkataan agar tidak menyakiti orang dan hindari gosip menggosip.
JYA-HA~>o<

E.    Cakra Mahkota
Cakra mahkota berkaitan dengan kebijaksanaan, intuisi, kesadaran dan spiritualitas. Yowh~ di bulan yang penuh berkah, yang mulia dan penuh hikmah ini mari kita bersama-sama berusaha untuk memperbaiki diri, meningkatkan kualitas dalam diri kita. Jadikan diri lebih sabar dan bijak, bermanfaat bagi sesama. Ikhlas dan berserah diri kepada Yang Maha Kuasa. Karna ini momen yang tepat untuk semakin dekat dan bersahabat dengan Yang Maha Pencipta.

Hanya dengan memperkaya masing-masing cakra tersebut dengan cara yang benar, kita dapat mencapai potensi yang luar biasa sebagai manusia (khalifah). Maka kita harus berinvestasi dan memperkaya semua fisik, mental dan persyaratan emosional ke jalan yang benar. Tumbuh secara spiritual dan menjadi tuan atas diri sendiri.
Semoga bermanfaat dan tunggu artikel selanjutnya mengenai perang cakra di dalam diri kita dan jika kita bisa memenangi peperangan di setiap cakra hingga cakra ke-7 maka akan lahirlah cakra ke-8, cakra baru di atas cakra mahkota… Jangan lewatkan yawh ^^

J.A.Y SS
Life is War for Survival


Referensi:
-         Rony Irianto, Kultivasi Q-RAK, Pustaka Avatar, Jakarta, 2009.
-         The Arrival Film

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah membaca tulisan Jay yang sederhana, dan unik ini~^^
Semoga bermanfaat yah~

Silahkan tinggalkan jejak kemuliaan kawan-kawan sekalian dengan mengisi kolom komentar ini.

Salam Inspirasi~^0^