Rabu, 16 Maret 2011

MEMBANGUN PERSAHABATAN YANG SEHAT




“A Friends is someone you can be alone with and have nothing to do and not be able to think of anything to say and be comfortable in the silence.”

-Sheryl Condie

          Setiap orang di dunia ini membutuhkan tempat dimana ia bisa berbagi, bersandar, mencurahkan perasaan, memberi dan menerima perhatian dari seseorang. Namun, tidak semua orang bisa dijadikan tempat kita untuk mencurahkan semua perasaan kita. Hanya beberapa orang saja (biasanya dapat dihitung dengan jari) yang bisa kita percayai untuk dijadikan curahan dan sandaran hati kita. Nah, biasanya kita itu selektif dalam memilih sahabat diantara kenalan-kenalan atau teman-teman kita yang banyak itu (bisa dilihat dari friendlist di facebook), dengan mencoba mengukur kualitas persahabatan ini bisa kita lihat apakah hubungan kita selama ini benar-benar baik dan sehat. Dan semoga dengan mengetahui dasar sebuah hubungan yang sehat ini bisa membangun diri kita menjadi pribadi yang baik sehingga bisa membangun persahabatan yang dengan kawan-kawan kita tersebut. Berikut ciri-ciri hubungan yang sehat tersebut:

 1. LOYALITAS
Banyak kisah yang menunjukkan seorang kawan yang dekat dengan kita, bisa menjadi musuh dalam selimut. Oleh karena itulah kita membutuhkan yang namanya KESETIAAN. Seperti Spongebob dan Patrick yang telah mengikat janji sebagai teman selamanya, saling menghargai dan menghormati kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Jadi ingat kisah-kisah kehidupan akhir-akhir ini. Banyak diantara kawan-kawan saya yang diputusin ama pacarnya, entah itu karena selingkuh, bosan, tidak cocok dan lain sebagainya yang jelas menunjukkan ketidaksetiaan dan perasaan gengsi juga ego yang tinggi. Namun dari kejadian itu, saya melihat disaat sang kawan tengah rapuh karena patah hati (putus cinta), disitu terlihat jelas kesetiaan sahabat-sahabatnya yang selalu berusaha menghibur, mendengarkan, juga memotivasi sahabatnya yang galau itu agar bangkit dan kuat menghadapi kenyataan yang ada. Hiks... T.T aku terharu, ternyata persahabatan itu indah dan nampaknya lebih indah lagi kalau mencintai seseorang diawali dari sebuah persahabatan.
Intinya, kesetiaan merupakan poin utama untuk membina hubungan yang sehat. Kehidupan itu bersifat dinamis (selalu berubah-ubah), setiap orang tentunya pernah melakukan kesalahan (manusia ga ada yang sempurna toch). Namun, ketika kita menemukan teman atau orang-orang terkasih yang dapat memaafkan dan mendampingi kita dalam keadaan apapun, kita patut bersyukur. Jangan pernah menyia-nyiakan loyalitas yang ditunjukkan oleh para sahabat dan hargailah selalu hal itu. ^^

2. RESPECT (RASA HORMAT) 
Saling menghargai dan saling menghormati merupakan ciri hubungan yang sehat selanjutnya. Pada kenyataannya banyak orang yang gengsi, sok idealis, egois, keras kepala yang justru memperlihatkan rendahnya kualitas pribadinya tersebut. Jadi, perlakukanlah orang lain secara baik dan hormat agar kita pun diperlakukan dengan cara yang sama. Kita bisa merasakan betapa tidak enaknya diperlakukan tidak senonoh!? Maksudnya seperti diabaikan, dihakimi, dimanipulasi, direndahkan dsbgnya. Setiap pribadi itu memang unik, jadi wajar saja pemikiran dan pendapat kita tidak sejalan (berbeda) dengan orang lain. Tapi, menunjukkan rasa hormat tetap menjadi satu hal yang mutlak.

3. TANPA SYARAT 
Saya teringat dengan episode Spongebob Squarepants yang menemukan/memperoleh mutiara (dia menganggapnya bola voli), lalu dari situ ia menjadi orang kaya yang bingung bagaimana menghabiskan uangnya. Di mulai dari spongebob yang menraktir es krim lalu memberikan uang yang begitu besar untuk membayarnya (tanpa minta kembalian)...Jadi, banyak orang yang mengikuti spongebob (terutama Mr.Crab) karena jika berada didekatnya mereka akan memperoleh uang. Namun, ketika Spongebob kehabisan uang, mereka meninggalkannya (terutama Mr.Crab lagi!?). Bisa kita lihat banyak orang yang mencari keuntungan dari kita, setelah tidak bermanfaat lagi, kita pun ditinggalkannya. Tetapi yang namanya sahabat sejati itu selalu bersedia membantu kita dengan tulus tanpa meminta imbalan apa pun. Seperti akhir cerita Spongebob itu, pada akhirnya yang tetap setia menjadi sahabatnya adalah Patrick. >.<

4. DAPAT DIPERCAYA 
Nah, dari hasil interview yang pernah Jay lakukan... Rata-rata menunjukkan adanya krisis kepercayaan terhadap orang lain. Mereka sangat waspada, kritis dan selektif untuk memberikan sebuah amanah atau kepercayaan mereka kepada teman-temannya. Iya sich, dari dorama-dorama yang pernah Jay tonton ternyata banyak diantara kawan-kawan kita yang kita percayai bisa saja menusuk dari belakang dan menjatuhkan harga diri kita. Sahabat yang baik itu seharusnya bisa dipercaya dan mampu menyimpan rahasia yang telah diamanatkan kepadanya.

5. PEDULI 
Terkadang kita pun tidak mempedulikan keadaan kita atau bahkan merusak dan menyakiti diri kita sendiri (disadari atau pun tidak disadari). Namun disaat-saat seperti itu bersyukurlah bagi kita yang mempunyai seseorang yang mempedulikan kita, mengkhawatirkan kita, yang selalu menjaga kita disaat kita sedang sedih dan susah. Begitu inginnya dia melihat kita bahagia dan keluar dari keterpurukan, apalagi jika keadaan orang tersebut lagi sama-sama susahnya tetapi dia masih bisa mempedulikan kita dan menolong kita. Memperlihatkan ketertarikan yang tulus dan mendengarkan dengan seksama apa yang disampaikan orang lain sangat penting dalam menjalin hubungan yang solid. Jauhi sikap egois yang hanya memikirkan diri sendiri. Sebaliknya, tunjukkan kepedulian dengan memfokuskan perhatian terhadap orang lain agar ia merasa dihargai dan berarti.

6. DAPAT DIANDALKAN 
Disaat kita sedang susah dan di saat itu pula tidak ada yang bisa diharapkan dari kawan-kawan kita, hanya seorang sahabat yang bisa diandalkanlah yang dapat membantu kita, menghibur kita dengan segera menemui kita, melihat keadaan kita, mengetuk pintu rumah kita yang seperti telah dijanjikannya untuk hadir (hanya dengan kehadirannya saja) bisa menenangkan kita, memberikan dukungan moral, bahkan materi jika kita membutuhkannya.

          Kurang lebih seperti itulah ciri-ciri hubungan yang sehat. Ini merupakan sebagian kecil yang bisa Jay bagikan... Semoga bermanfaat.

J.A.Y SS
Sahabat BNW-Readers


Artikel Lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah membaca tulisan Jay yang sederhana, dan unik ini~^^
Semoga bermanfaat yah~

Silahkan tinggalkan jejak kemuliaan kawan-kawan sekalian dengan mengisi kolom komentar ini.

Salam Inspirasi~^0^