Jumat, 04 Maret 2011

GOLONGAN PERTAMA YANG MASUK SURGA


Di hari Jum’at yang diberkahi ini saya mencoba untuk mempostingkan mengenai ke-Agama-an, terutama agama Islam tentunya. Walaupun saya ini masih tertatih-tatih belajar agama, tapi tidak salahnyakan untuk berbagi sedikit ilmu dengan saudara-saudari sekalian (Bahasanya jadi agak formal karena terkena sindrom praktikum!?). Setiap orang pasti ingin bahagia, merasakan kesenangan, kenyamanan dan kenikmatan dalam hidupnya, dan pastinya semua tujuan-tujuan hidup kita dan apa yang kita lakukan saat ini tentunya untuk mendapatkan kebahagiaan itu sendiri. Nah katanya nich, kebahagiaan di dunia ini jauh berbeda dengan kebahagiaan dan kenikmatan yang didapatkan di surga bahkan katanya juga kesenangan dan kenikmatan di surga itu jauh melebihi apa yang kita bayangkan/imajinasikan!? Hmm.. begitu indahnyakah surga itu?! Tapi karena saya belum pernah masuk surga jadi saya tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut!? (Hehehe..) tetapi pada kesempatan kali ini saya mau berbagi mengenai golongan pertama yang masuk surga itu siapa sich!? Ini pun menurut buku-buku yang saya baca, juga diskusi/ceramah yang pernah saya ikuti dan saya ingat tentunya.
            Mereka yang paling awal masuk surga adalah orang yang memiliki derajat tinggi diantara para penghuni surga. Wajah mereka bersinar bagaikan bulan purnama yang menyinari kegelapan malam (tapi kayaknya wajah bersih dan mulus yah, ngga kayak bulan dalam artian bentuk dan permukaannya!?). Keelokan dan cahayanya membuat banyak orang terkesima melihatnya.
            Abu Sa’id meriwayatkan, bahwa Rasulullah SAW., telah bersabda: “Golongan yang pertama kali masuk surga bagaikan bulan purnama, golongan yang kedua bagaikan bintang-bintang yang bersinar di langit. Setiap seorang dari mereka mendapat dua istri (bidadari), setiap istri mengenakan 70 perhiasan, (keelokan dan kehalusan kulit bidadari) hingga tampak sumsum betisnya dari balik kulitnya.”
            Ada beberapa amaliyah yang memiliki keutamaan yang bisa menyebabkan pelakunya mendapat derajat terhormat di sisi Allah, dan ia termasuk golongan pertama yang masuk surga, diantaranya adalah:

1.      Orang-orang yang selalu bersyukur dan selalu memuji kepada Allah, tidak pernah mengeluh dan merintih.
Rasulullah SAW., bersabda : “Orang yang pertama kali dipanggil masuk surga adalah orang yang memuji, yaitu orang yang memuji kepada Allah, baik dalam keadaan bahagia maupun susah.”
2.      Orang yang taat kepada Allah dimana pun ia berada, dan patuh pada atasannya dalam hal yang ma’ruf (perbuatan baik yang di-ridho-i Allah SWT).
Rasulullah SAW., bersabda: “Orang yang pertama mendahului masuk surga adalah seorang hamba yang taat kepada Allah dan taat pada tuannya.”
3.      Orang yang suka berbuat Ma’ruf atau kebaikan sewaktu hidupnya di dunia.
Yang dimaksudkan dengan kebaikan disini,adalah kebaikan dalam pandangan syari’ah (hukum Islam).
Rasulullah SAW., bersabda: “Sesungguhnya ahli ma’ruf (suka berbuat baik) di dunia, mereka akan menjadi ahli ma’ruf di akhirat. Orang yang pertama kali masuk surga adalah mereka yang ahli ma’ruf.”

Demikian diantara beberapa amaliah yang bisa menyebabkan orang yang menjalankannya termasuk golongan pertama yang masuk surga. Semoga dapat memotivasi kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Saya sendiri tentunya masih jauh dari bagian golongan pertama yang masuk surga, apalagi amalan-amalan ma’ruf yang saya lakukan tidaklah seberapa!? Masih banyak kekurangannya, dan saya juga tak luput dari dosa dan kekhilafan, yang terkadang sering munculnya sifat sombong, cuek, ria dan lain sebagainya. Tetapi apa salahnya jika saya ingin berusaha untuk berbuat amalan baik walaupun sekali seumur hidup yang penting mengena keamalan ma’ruf dan terus berusaha berniat menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Semoga postingan ini bermanfaat terutama bagi saya sendiri untuk mengingatkan diri, dan umumnya bagi para pembaca sekalian. Dan semoga bisa menjadi bahan introspeksi diri agar bisa menjadi lebih baik dan berguna bagi diri dan orang lain. Wassalam..

J.A.Y SS
Minazh Zhulumaati IlanNuur..

2 komentar:

  1. bagus kk teruz sebarin agama islam bagi yg belum beriman kepada alah add fb saya facebook.com/xnxxid

    BalasHapus

Terima Kasih sudah membaca tulisan Jay yang sederhana, dan unik ini~^^
Semoga bermanfaat yah~

Silahkan tinggalkan jejak kemuliaan kawan-kawan sekalian dengan mengisi kolom komentar ini.

Salam Inspirasi~^0^